Kampung Naga Tasikmalaya – Tasik II

Kampung Naga Tasikmalaya – Tasik II

Perjalanan Pulang dari Tasikmalaya (dari pengrajin bambu) saya pulangnya mampir ke desa yang sangat terkenal di Jawa Barat. Kampung ini disebut Kampung Naga. Kenapa disebut Kampung Naga? Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan hewan mitos naga tetapi memang nama sebutan saja.

saya jadi teringat tahun 2013 pertamakali saya ke kampung ini, sangat istimewa dengan kearifan lokalnya.

Foto: saat masih menjadi mahasiswa 2013.

Pada pertamakali saya mengunjungi kampung ini sangat tidak mengerti apa sebenarnya esensi kehidupan yang dijaga di kampung ini. Kampung ini sangat terjaga keaslianya dengan arsitektur yang sangat khas serta lenscape pemukiman yang dikelilingi sawah serta kolam ikan sangat mandiri kampung ini.

Penduduk Kampung Naga memiliki kepercayaan Islam, sebagaimana masyarakat adat lainnya mereka juga sangat taat memegang adat-istiadat dan kepercayaan turun-temurun.

Walaupun mereka menyatakan memeluk agama Islam, mereka tetap menjaga warisan budaya leluhurnya. Menurut kepercayaan masyarakat Kampung Naga, dengan menjalankan adat-istiadat warisan nenek moyang berarti menghormati para leluhur atau karuhun.

Segala sesuatu yang datangnya bukan dari ajaran karuhun Kampung Naga, dan sesuatu yang tidak dilakukan karuhunnya dianggap sesuatu yang tabu. Apabila hal-hal tersebut dilakukan oleh masyarakat Kampung Naga berarti melanggar adat, tidak menghormati karuhun, hal ini pasti akan menimbulkan malapetaka.

Bentuk rumah masyarakat Kampung Naga harus panggung, bahan rumah dari bambu dan kayu. Atap rumah harus dari daun nipah, ijuk, atau alang-alang, lantai rumah harus terbuat dari bambu atau papan kayu. Rumah harus menghadap ke utara atau ke sebelah selatan dengan memanjang kearah barat-timur.

Dinding rumah dari bilik atau anyaman bambu dengan anyaman sasag. Rumah tidak boleh dicat, kecuali dikapur atau dimeni. Bahan rumah tidak boleh menggunakan tembok, walaupun mampu membuat rumah tembok atau gedung (gedong).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!