Desain Rupa Pangung

Desain Rupa Pangung

Sebuah Copy-an catatan saya dari masa Kuliah yang saya save di Blok yang lama. makasaya pindahkan ke sini untuk Pengarsipan.

(SCENE DESIGN AND STAGE LIGHTING – R. Craig Wolf, Dick Block)
Menurut KBBI panggung merupakan lantai yang memiliki level agak tinggi atau lantai yg agak tinggi tempat bermain sandiwara, berpidato. Dalam seni pertunjukan umumnya panggung adalah tempat berlangsungnya sebuah pertunjukan dimana interaksi antara kerja penulis lakon, sutradara, dan aktor ditampilkan di hadapan penonton. Pertunjukan yang sering diselenggarakan dalam panggung pertunjukan adalah seni teater, tari, musik dan pertunjukan seni lainya. Untuk memfasilitasi penonton melihat pertunjukan dengan nyaman dan aman serta memberikan karakter lebih pada pementasan, suasana dan lebih menghidupkan pertunjukan.
Tata panggung disebut juga dengan istilah scenery (set dekorasi). Fungsi tata panggung selain memperindah penampakan pentas juga memberikan ruang bagi pemeran. Tetapi fungsi yang paling penting dari tata  panggung adalah memperkuat permainan para aktor. Artinya, kehadiran tata panggung tidak hanya sekedar mempercantik tetapi menegaskan laku aksi yang disajikan oleh para aktor di atas pentas. Tidak ada gunanya menata dan menghias panggung dengan baik tetapi justru menenggelamkan para pemain.
Tata panggung jika digarap dengan seksama mampu menghadirkan suasana, memberi hidup pementasan serta menguatkan karakter pemeran. Hal-hal tersebut tidak dapat ditangkap mata secara langsung tetapi pengaruhnya dapat dirasakan baik oleh para pemain maupun penonton. Tata panggung adalah keajaiban tersendiri yang dihadirkan selain permainan  para aktor. Keajaiban yang mengubah panggung menjadi lukisan hidup dan indah untuk lama-lama ditatap. Untuk dapat menghadirkan tata panggung seperti tertulis di atas, diperlukan kesungguhan kerja serta niat mempelajari hal-hal baru dan segala hal yang berkaitan dengan seni tata panggung.
Mempelajari PanggungPerbedaan jenis panggung dipngaruhi banyak hal seperti jenis pementasan, tempat dibangunya panggung tersebut serta zaman dimana panggung ini dibangun. mendesain panggung bukan hanya sekedar menfasilitasipenyaji pertunjukan menampilkan pertunjukannya tetapi juga harus memperhatikan lingkungan dan potensi lokal yang ada. Banyak pengembangan bentuk pangung yang berbeda karena memiliki prinsip artistik yang berbeda.
Jenis-jenis Panggung:- Arena : panggung yang penontonnya melingkar atau duduk mengelilingi panggung. Penonton sangat dekat sekali dengan pemain.- Proscenium: disebut sebagai panggungbingkai karena penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melaluisebuah bingkai atau lengkung proscenium (proscenium arch).- Thrust: seperti panggung proscenium tetapi dua per tiga bagian depannya menjorok ke arah penonton.

(Materi Tata Panggung Universitas BSI Bandung)
Dari gambar diatas dapat kita lihat bagian bagian dalam panggung, dalam tata panggung terdapat area auditorium tempat dimana area penonton, dan yang paling penting adalah panggung itu sendiri. Mari kita lihat bagian-bagian dari panggung:

Fungsi tata panggung- Suasana dan Semangat Lakon Memberi gambaran kepada penonton,suasana dan semangat lakon yang dimainkan- Identitas Sejarah Memberikan gambaran periode sejarah lakon yang sedang dimainkan – Lokasi Kejadian penata panggung dapat memberikan gambaran lokasi kejadian peristiwa lakon kepada penonton – Status dan Karakter Peran – Musim

error: Content is protected !!